agar susu tidak mudah rusak

Penyimpanan susu yang tidak benar dapat membuat susu rusak atau berkurang kandungan nutrisinya. Jika hal itu terjadi, kita biasanya membuang susu tersebut walaupun baru saja membeli. Boros, bukan? Ini ada beberapa tips menyimpan susu yang bisa dicoba di rumah masing-masing:

1)      Susu cair

Susu cair yang sudah terbuka kemasannya harus segera dimasukkan ke dalam lemari pendingin (kulkas) untuk menjaga agar susah tidak gampang basi. Tapi, di dalam kulkas pun ada waktu penyimpanannya juga lho. Penyimpanan susu di dalam kulkas dapat dilakukan paling lama 5-6 hari. Apabila susu sudah mulai terlihat mengental, sudah berbau dan berasa asam, jangan dikonsumsi.

2)      Susu bubuk

Susu bubuk tahan selama 2 tahun tergantung dari masa kadaluarsa kemasan susu tersebut. Selalu perhatikan masa kadaluarsa pada kemasan. Sediakan kaleng yang tertutup rapat untuk menghindari udara luar yang dapat menyebabkan susu menjadi menggumpal dan rusak. Jangan lupa untuk memberi tanda tanggal kadaluarsa pada kaleng penyimpanan susu tersebut.

3)      Susu kental manis
Karena kandungan gulanya yang tinggi, susu kental manis lebih awet dari susu cair. Susu kental manis yang belum terbuka kemasannya dapat disimpan di dalam suhu ruangan. Namun apabila sudah terbuka, sebaiknya dimasukkan ke dalam kulkas untuk mencegah pertumbuhan jamur pada susu dan semut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s