atasi insomia dengan minum susu ..

Insomnia adalah suatu gangguan tidur dimana gejalanya ditandai dengan selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari dan secara terus menerus (lebih dari sepuluh hari) mengalami kesulitan untuk tidur atau selalu terbangun di tengah malam atau lebih cepat dari yang diinginkan oleh tubuh dan tidak dapat kembali tidur.

Menurut The Sleep Health Foundation Australia, dilaporkan bahwa sekitar satu dari tiga orang di Australia mengalami gangguan insomnia yang cukup serius.

Normalnya, tubuh memerlukan 6-8 jam tidur setiap hari. Apabila seseorang mengalami insomnia, ia tidak hanya akan mengalami kurangnya tidur juga, namun juga gangguan dalam melakukan aktivitas fisik di hari selanjutnya akibat kurangnya pasokan jam tidur.

Penelitian mengenai efek minum susu malam hari yang dilakukan oleh Maija Valtonen, professor di University of Kuopio, Finlandia menyimpulkan bahwa zat Triptofan dalam susu dapat memacu produksi hormon melantonin yang bertugas mengatur jadwal istirahat tubuh. Biasanya melatonin tidak diproduksi di siang hari.

Selain itu, minum segelas susu cair segar yang hangat sebelum tidur di malam hari dapat menenangkan kembali sistem saraf yang tegang setelah beraktivitas. Ini dikarenakan susu mengandung asam amino triptofan yang akan merangsang tubuh memproduksi serontonin, yang berguna untuk menimbulkan rasa nyaman dan tenang pada tubuh sehingga merangsang rasa kantuk, dan Anda pun akan tertidur pulas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s