Good Parents or Mean Parents?

Entah kenapa tiba-tiba saya menulis tentang menjadi orang tua padahal dalam kehidupan nyata saya belum menjadi istri seseorang apalagi menjadi seorang orang tua..
The strong reason is saya lelah menyaksikan tingkah pola orang tua jaman sekarang..
momyellsatgirl Sadarkah mereka ketika mereka memberitahu anak dengan berteriak anak justru cenderung tidak mendengar?
Sadarkah mereka ketika mereka memukul, mencubit, menjewer, dan lain sebagainya cenderung membuat anak akan melakukan hal yang sama nantinya?
Sadarkah para orangtua apa yang dilakukan oleh si anak adalah refleksi dari diri orangtuanya?
Apakah dengan menghujani mereka janji, mainan, dan gadget akan membuat mereka menjadi yang kita inginkan?
Apakah dengan membadingkan dengan orang lain anak kita akan menjadi lebih baik?
Menjadi orang tua itu memang bukan perihal yang mudah ..

Menjadi orang tua butuh kesebaran ekstra menghadapi berbagai macam sifat yang mungkin muncul dari si anak.
Mungkin kita sering mendengar dari para orangtua terdahulu bahwa mereka di didik oleh orang tuanya dengan sangat keras dan menghasilkan keberhasilan mereka.. dan mereka akan menerapkan hal yang sama dalam mendidik kita, tapi apakah itu berhasil kepada anak kita nantinya?

Perlu diingat Zaman sudah berubah, sekarang bukan saatnya mendidik anak dengan cara yang keras.. bukan lagi saatnya kita menjadi seorang DITAKTOR.. Kenapa-Orang-Tua-Marah-300x222

Saat anak melakukan kesalahan tidak seharusnya para orang tua men-judge anak-anak lah satu-satu nya pelaku yang sangat mungkin melakukan kesalahan, banyak dari orang tua saat si anak melakukan kesalahan akan langsung mongomel dengan berbagai cara.. mengapa tidak coba merangkul mereka?

Saat anak tidak ingin melakukan apa yang di suruh para orangtua pasti langsung mengeluarkan ancaman.. ingat sekali lagi MUNGKIN itu berhasil terhadap kita, tapi terhadap anak-anak kita? Belum tentu , justru mereka akan cenderung mengabaikan apa yang kita suruh.. mengapa tidak kita coba menambahkan satu dari kalimat super yaitu “Tolong sayang”?

Saat kita memberitahukan mereka dengan suara yang keras atau berteriak , mereka cenderung akan mengabaikan apa yang kita bicarakan.. cobalah dengan suara yang lembut tapi mengandung ketegasan didalam nya.

Para orang tua cenderung akan membanding-bandingkan anak nya dengan orang lain entah itu teman nya atau saudaranya seperti saat nilai si anak jelek atau menurun, mungkin ada anak yang akan termotivasi TAPI tidak semua anak malah si anak akan cenderung tidak akan mengerjakan nya lagi karena dia berfikir bahwa apapun yang dikerjakan atau dilakukannya akan terlihat sama bagi orang tua nya.. kenapa tidak kita mulai dengan kalimat motivasi dan pujian seperti “ waw Good Job, lain kali harus lebih baik lagi yah nak”

Hal-yang-Tidak-Boleh-Diucapkan-Orangtua-Kepada-Anak-300x300 Saat orangtua ingin didengar juga oleh anak-anak mereka orang tua akan cenderung mengatakan “kapan kamu mau dengar kata ibu/ayah?! Ibu/ayah kan selalu mendengar apa kata dan mau kamu!” mengingatkan anak tentang Hak dan Kewajiabn itu memang perlu tapi itu semua ada seninya.. kenapa tidak mulai dengan pendekatan 2 arah contoh biarkan anak sebagai “pembicara” dan orang tua sebagai “pendegar” lebih dulu baru sebaliknya, karena sifat anak yang mudah bosan cenderung membuat mereka tidak akan mendengar apa yang kita bicarakan dan cenderung akan lupa dengan apa yang akan dia utarakan.. Ini juga bisa jadi senjata untuk kita mengetahui apa yang anak mau tanpa harus berteriak dan anak juga akan tahu apa yang kita mau tanpa harus mendapatkan omelan..

Tidak ada salahnya menjadi orang tua yang tegas dalam segala hal, tapi perlu diingat anak adalah anugerah yang di titipkan oleh sang maha pencipta..
Tak ada salahnya menginginkan anak kita menjadi lebih baik dari kita, tapi tidak ada salahnya juga menjadi pendengar bagi mereka
So it’s now our choice be a Good Parents or Mean Parents?🙂
gti4uuxa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s